Sabtu, 22 Juli 2017

Berobat ribet

Ribet. Itu yang ada di benak sewaktu melakukan pembayaran karena terpaksa. Iya, terpaksa harus bayar karena ternyata asuransi Sinarmas MSIG Ad Medica tidak bisa digunakan di RS Harapan Depok. Alasannya karena mesin edc rusak sementara kartu harus digesek untuk mengetahui apakah biaya berobat di cover dan berapa sisa budget yang ada. Hal ini baru diketahui dengan alasan bahwa fotocopy bagian belakang ada Ad Medica. Dimana menurut kasir RS Harapan kasir yang sebelumnya tidak mengecek dengan teliti serta karanya bagian belakang kartu asuransi tidak di fotocopy sehingga tidak tahu kalau itu Ad Medica. Sangat menjengkelkan sekali. Seharusnya bagian kasir dan bagian pendaftaran ada komunikasi internal supaya ketika ada yang berobat dengan kartu Ad Medica langsung ditolak. Minimal diinfokan bahwa Ad Medica mesin edc rusak sehingga apabila pasien tetap mau berobat berarti harus bayar pribadi. Menurut saya itu masalah SOP internal RS Harapan yang seharusnya tidak merugikan pasien sebagai konsumen. Apabila memang sudah lama mesin edc rusak mengapa informasi tersebut tidak sampai ke bagian pendaftaran? Sebab saat mendaftar saya memberikan kartu asuransi asli sehingga seharusnya bagian pendaftaran teliti mengecek. Demikian juga dengan kasir sebelumnya saat pertama dan kedua kali saya berobat mengapa bisa terlewat mengecek dengan teliti apakah bisa atau tidak dengan asuransi yang saya pakai. Jadi saya terpaksa membayar keseluruhan biaya berobat secara tunai. Menurut saya baik pihak Rs Harapan maupun pihak Ad Medica harusnya bisa kordinasi dengan baik mengenai masalah kerusakan mesin edc. Pihak RS Harapan harusnya membuat pengumuman secara tertulis bahwa mesin Ad Medica mengalami kerusakan sehingga pasien diberi pilihan mau meneruskan berobat atau pindah RS lain. Pengumuman tertulis itu sebaiknya ditaruh di pendaftaran sehingga calon pasien dapat langsung mengetahui ketika hendak mendaftar. Karena itu saya menjadi sangat enggan untuk kembali ke RS Harapan. Sebab pelayanan dalam hal pembayaran sangat mengecewakan. Padahal menurut saya pelayanan dokter yang saya terima cukup memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar