Minggu, 15 November 2020
New attendance record
Ini hari pertama trial absen melalui googleform OAR (Online AttendancesAttendance Record) seperti RSA (Risk Self Assesment). Periode trial di mulai sejak Senin 16 November s.d Senin 30 Nobember 2020. Selanjutnya mulai 01 Desember 2020 akan diberlakukan secara resmi sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kemungkinan akan berlaku sampai tahun depan selama kondisi Covid19 membuat perusahaan beroperasi dengan kapasitas 50% karyawan yang diperbolehkan bekerja di kantor. Di bandingkan dengan karyawan pnm yang scab qr absen di tempel di tiang lampu taman dekat girlan ada beberapa perbedaan dengan absen online. Untuk karyawan pnm sepertinya itu absen saat kerja di kantor jadi check in dan check out melalui scan qr tersebut namun saat WFH metode absen yang digunakan mungkin berbeda. Sementara kantor saya apabila WFO absen seperti biasa di mesin absen. Untuk absen online hanya dipergunakan ketika WFH saja. Akses untuk absen online terbatas hanya dari jam 6 s.d jam 8 untuk check in dan jam 5 sore sampai jam 6 sore untuk check out. Apabila di luar jam tersebut web absen tidak dapat di akses sehingga akan di anggap shortage. Akhirnya ada solusi untuk pencatatan absen apabila WFH. Selama ini tiap divisi memberlakukan absen sesuai kebijakan masing-masing. Akibatnya ada perbedaan dalam hal absen, ada yang isi data, ada yang foto wefie dan lainnya. Sejauh ini kantor terus berbenah diri khususnya dalam menjalankan operasional di saat kondisi karyawan harus WFH. Namun dalam hal administratif masih belum di buat SOP yang pasti. Khususnya dalam hal approval by email yang tetap diwajibkan approval fisik dengan tanda tangan basah. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan wewenang atau hal lain yang dapat mengakibatkan fraud. Kenyataannya membuat prosedur menjadi lebih panjang sebab untuk mendapat tanda tangan basah maka dokumen akan beredar lebih lama menunggu authorized signer WFO. Kendala timbul ketika autorized signer harus WFH dalam jangka waktu lama atau sedang cuti panjang. Solusinya masih belum ketemu agar menghindari terjadinya fraud harus bagaimana. Sebaiknya tiap kepala divisi mengadakan meeting dengan divisi funding, accounting dan internal audit agar solusi disepakati serta tidak membebani. Namun hal tersebut sepertinya masih tertunda karena saat ini fokusnya closing akhir tahun yang berbarengan libur panjang. Absensi online sudah didapatkan sebagai solusi ketika WFH sehingga ada standarisasi. Tak ada lagi absen manual ataupun absen wefie.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar