Rabu, 21 Juni 2017

Diskusi Medical Benefit

Sedang asyik ngobrol tiba-tiba disuruh bu Manager ikutan meeting Medical Benefit. Ya sudah langsung ke ruang meeting. 

Dihadiri perwakilan karyawan,HRD dan sebagian besar DH dan Dept Head. Membahas tentang unclaimable reimbursement dari beberapa karyawan. Antara lain operasi gigi bungsu, operasi miom, imunisasi dasar, penggantian kacamata kwitansi optik tanpa rekomendasi dokter mata, cek usg dan berobat ke dokter spesialis lebih dari 1 dokter dinhari yang sama pada RS yang sama (rawat jalan). 

Ada 3 opsi yang akan diajukan yaitu: 

1. Pengajuan Endorsement ke pihak asuransi untuk mengcover biaya unclaimable dan mereview pelaksanaannya dua tiga bulan kedepan 
2. Rekomendasi pindah atau ganti rekanan asuransi dan
3. Kembali ke cara lama yaitu reimburse langsung ke HRD. 

Berdasarkan info dari Belski bahwa kemungkinan kembali ke cara lama agak sulit. Sebab sudah lama rekomendasi dari kantor pusat Tokyo untuk memberlakukan budget dalam hal medical. Karena itulah maka sepertinya penggunaan rekanan asuransi dirasa sesuai permintaan pusat. 

Mengenai masalah yang timbul akibat tidak sesuainya antara kesepakatan awal bahwa walau menggunakan asuransi namun dengan benefit yang sama secara default sudah dicederai oleh pihak asuransi terhadap karyawan. Sebab berdasarkan info dari Lelaki panas bahwa mengenai claim itu subjektif dari PIC asuransi untuk masuk kategori claimable tidaknya. Juga karena perhitungan asuransi dalam orientasi profitable dengan premi yang dibayarkan perusahaan. 

Diskusi sempat memanas dengan adanya kesalahpahaman yang untungnya dapat diatasi oleh pihak-pihak terkait. Tambahan lagi bahwa menurut legal dokumen-dokumen kesepakatan perusahaan dengan pihak asuransi tidak pernah mampir ke meja legal untuk minimal paraf akcnowledged. Dalam hal berapa premi yang dibayarkan, apa saja kesepakatan dalam hal claim medical dan juga masukan mengenai kesepakatan service level antara asuransi dan perusahaan. Semua usulan ditampung dan akan diajukan ke manajemen. Pararel juga dengan Endorsemen dan Review pelaksanaan oleh asuransi dalam 2-3 bulan kedepan. Sampai ada keputusan atau kesepakatan lebih lanjut maka asuransi tetap digunakan. Untuk kasus unclaimable diharapkan dapat ditemukan solusinya. 

Mari kita berdoa agar apa yang baik dari kesepakatan boleh terjadi sehingga menjadi Medical Benefit bagi karyawan bukan Medical dipersulit. #nulisrandom2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar